Frequently Asked Questions

Frequently Ask Questions

Berikut adalah daftar pertanyaan yang sering muncul dan ditanyakan oleh Sahabat ESer.

Apa beda Electronic Solution (ES) store dengan toko online Electronic Solution?

Electronic Solution memiliki dua jenis toko, yaitu toko online dengan alamat web www.es.id dan toko offline. Offline store kami berjumlah 62 outlet dan 2 toko di antaranya berfungsi sebagai tempat pengambilan barang yang sudah dipesan (pick up store) melalui toko online Electronic Solution.

Berapa lama saya akan menerima pesanan saya?

Pesanan Sahabat ESer akan diterima dalam waktu 2-4 hari kerja tergantung lokasi dan waktu melakukan pesanan.

Kapan barang bisa diambil jika saya ingin mengambil langsung ke toko offline ES?

Jika Sahabat ESer memesan sebelum jam 12 siang, barang bisa diambil dalam jangka waktu 1 x 24 jam. Akan tetapi, jika Sahabat ESer memesan setelah jam 12 siang, barang bisa diambil dalam jangka waktu 2 x 24 jam. Misalnya, Sahabat ESer memesan sebuah lemari es pada hari Senin pukul 10.00 pagi, maka Sahabat ESer bisa mengambil lemari es tersebut di toko pada hari Selasa pukul 10.00 pagi. Namun, jika Sahabat ESer memesan sebuah AC pada hari Rabu pukul 15.00, Sahabat ESer bisa mengambil AC tersebut di toko pada hari Jumat pukul 15.00. Baca Syarat dan Ketentuan Pengambilan Barang di sini.

Jika sebelumnya saya memilih metode pengiriman “Kirim ke Rumah”, bisakah saya mengambil barang di toko?

Tidak bisa, jika Sahabat ESer sudah memilih metode pengiriman “Kirim ke Rumah” dan memilih jasa ekspedisi, barang akan disiapkan dalam waktu 1 x 24 jam untuk dikirim ke alamat Anda. Sebaliknya, jika Sahabat ESer memilih metode “Pick up in Store”, barang akan disiapkan dalam waktu 1 x 24 jam di toko dan hanya dapat diambil dengan membawa KTP dan surat pengambilan barang.

Apakah saya bisa menukar barang jika rusak?

Kami akan mengganti barang rusak dengan yang baru jika ada kerusakan. Sahabat ESer bisa melaporkan kepada kami 2-15 hari setelah menerima barang dan dengan kondisi yang lengkap, baik kardus dan aksesorinya. Kriteria barang rusak yang dapat kami ganti ada di halaman mengenai Pengembalian.

Apa itu extended warranty?

Extended warranty adalah salah satu fasilitas yang kami sediakan untuk menambah waktu garansi dari produk yang Anda beli.

Garansi Brand adalah garansi resmi yang diberikan oleh masing-masing brand. Servis, suku cadang, serta lama garansi tergantung dari kebijakan brand. Poin-poin garansi ES sama dengan garansi yang diberikan oleh brand, Sahabat ESer bisa memperpanjang waktu garansi tersebut dengan membeli Extended Warranty.

Contoh: Anda membeli barang LED TV 32” dan extended warranty yang Anda beli adalah 1+1, maka 1 tahun pertama, garansi akan ditangani oleh brand (resmi) dan 1 tahun berikutnya ditangani oleh Electronic Solution. Jika kerusakan terjadi pada tahun pertama, Sahabat ESer bisa menghubungi Electronic Solution agar bisa ditangani oleh brand.

Pilihan extended warranty yang kami sediakan adalah:
  • 1+1 = 1 tahun garansi Brand + 1 tahun garansi ES
  • 1+2 = 1 tahun garansi Brand + 2 tahun garansi ES
  • 1+3 = 1 tahun garansi Brand + 3 tahun garansi ES
  • 2+1 = 2 tahun garansi Brand + 1 tahun garansi ES
  • 2+2 = 2 tahun garansi Brand + 2 tahun garansi ES
  • 3+1 = 3 tahun garansi Brand + 1 tahun garansi ES
Bagaimana jika saya mau membeli Extended Warranty?

Pilihan extended warranty tersedia pada saat Sahabat ESer ingin membeli barang yang diinginkan. Klik "extended warranty" dan pilih berapa lama extended warranty yang Sahabat ESer inginkan.

Berapa ongkos kirim yang harus saya keluarkan jika membeli barang di toko online Electronic Solution?

Ada dua metode pengiriman yang bisa Sahabat ESer pilih, yaitu Home Delivery (Homedel) dan Jasa Ekspedisi Pihak Ketiga. Homedel adalah armada pengiriman yang kami sediakan untuk member Electronic Solution dengan tujuan pengiriman Jabodetabek.

Pengiriman dengan Home Delivery (Homedel):
Untuk pengiriman Jabodetabek, biaya pengiriman sebesar Rp30.000,-. Sementara, untuk pengiriman luar kota, besaran ongkos kirim tergantung masing-masing daerah dan berat atau dimensi produk.

Pengiriman dengan Jasa Ekspedisi Pihak Ketiga:
Sahabat ESer bisa menggunakan jasa ekspedisi Pihak Ketiga untuk mengirim barang lebih dari 10 kg dengan biaya kirim sesuai dengan ketentuan.

Apakah toko online electronic solution memiliki offline store?

Ya, offline store kami berjumlah 62 store yang terdapat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Kami memberikan fasiitas untuk pengambilan pesanan Sahabat ESer di 2 offline store, yaitu di Jakarta dan Bekasi dengan menunjukkan bukti yang kami kirimkan.

Bagaimana kami dapat menghubungi Electronic Solution?

Anda dapat menghubungi kami di 1500819 pada hari Senin-Jumat pukul 08.30 - 17.30, atau email ke: cs.online@es.id

Ketika barang yang saya terima rusak dan ingin mengembalikan ketoko offline Electronic Solution, berapa lama total proses yang dibutuhkan?

Proses retur atau pengembalian barang online ke toko offline kami, memakan waktu rata-rata 11 hari kerja dengan detail sebagai berikut:

  • Jika Sahabat ESer sudah mengisi form retur pada situs kami, mohon menunggu proses persetujuan dari tim kami. Proses ini rata-rata memakan waktu 2 hari kerja
  • Setelah mendapatkan persetujuan, pihak toko offline Electronic Solution akan melakukan pemeriksaan kualitas barang yang dikembalikan. Proses ini memakan waktu rata-rata 1 hari kerja, saat barang sudah diterima
  • Selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh tim kami dalam 3 hari kerja, baik itu untuk proses penukaran barang atau refund dalam bentuk voucher
  • Jika proses penukaran sudah dilakukan dan Sahabat ESer ingin langsung mengambil di toko offline kami, mohon lakukan pengambilan barang pengganti di toko offline kami dalam 2 hari kerja
  • Namun, jika Sahabat ESer ingin barang pengganti dikirimkan ke rumah, rata-rata proses pengiriman barang ke rumah Sahabat ESer memakan waktu 4 hari kerja.
Ketika barang yang saya terima rusak dan ingin mengembalikan ke warehouse, berapa lama total proses yang dibutuhkan?

Proses retur atau pengembalian barang online ke warehouse kami memakan waktu rata-rata 15 hari kerja, dengan detail sebagai berikut :

  • Setelah Sahabat ESer mengisi form retur pada situs kami, mohon menunggu proses persetujuan dari tim kami. Proses ini rata-rata memakan waktu 2 hari kerja
  • Setelah mendapatkan persetujuan, proses pengembalian akan dilakukan oleh tim JNE/Homedel. Tahap ini akan memakan waktu rata–rata 4-6 hari kerja
  • Selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh tim kami dalam 3 hari kerja, baik itu untuk proses penukaran barang atau pengembalian dalam bentuk voucher
  • Proses pengiriman kembali untuk barang yang ditukar oleh Sahabat ESer memakan waktu rata- rata 4 hari kerja.