Panduan Membeli Lemari Es

smartphone

Lemari Es adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang dimiliki oleh hampir semua keluarga. Sebagai perangkat elektronik rumah tangga, lemari es memiliki peran penting, terutama bagi Sahabat ESer yang tinggal di perkotaan. Terbatasnya waktu yang dimiliki membuat Sahabat ESer tak bisa berbelanja setiap hari sehingga mau tak mau harus menyimpan bahan makanan di dalam kulkas. Pentingnya fungsi lemari es ini membuat Anda harus lebih cermat memilih sebelum memutuskan untuk membelinya. Simak panduan membeli lemari es ini sebelum Anda menentukan lemari es yang tepat.

Ukur tinggi, lebar, dan panjang ruangan di mana lemari es akan diletakkan

Pertimbangkan kebutuhan ruang ketika Sahabat ESer membuka lemari es beserta raknya. Mungkin akan membantu jika Anda mencatat ukuran lemari es lama serta ukuran pintu, tangga, dan jalan masuk sebelum membawa lemari es yang baru ke tempatnya.

Pilih lemari es sesuai dengan kebutuhan

Jika Sahabat ESer tipe orang yang berbelanja secara mingguan, pilih freezer besar untuk menyimpan aneka daging dan ikan. Hal ini termasuk pemilihan posisi refrigerator dan freezer. Jika Anda tidak ingin membungkuk untuk mengambil sesuatu, pilih refrigerator yang letaknya di atas.

Ada tiga jenis lemari es yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu jenis side-by-side (freezer di samping), two-door-top-mount (freezer di atas), dan two-door-bottom-mount (freezer di bawah).

  • Jenis lemari es side-by-side (berdampingan) menawarkan kenyamanan dari sisi penyegar dan pendingin. Ketika mempertimbangkan lemari es side-by-side, lihat secara hati-hati pada kapasitas dan fleksibilitas bagian dalam. Pada beberapa model, tempat penyimpanan lebih sempit daripada model lemari es pendingin di bagian atas atau bawah, dan mungkin tidak bisa menyediakan penyimpanan lebih besar. Jika mungkin, pilihlah lemari es dengan rak dan tempat yang dapat disetel. Maka Sahabat ESer dapat menyesuaikan ruang yang tersedia untuk menyesuaikan penyimpanan.
  • Jenis lemari es two-door-top-mount (freezer di atas) adalah jenis yang paling umum dengan banyak pilihan model. Namun, kelemahan lemari es tipe ini adalah sulit untuk mengambil bahan makanan yang disimpan di pendingin yang letaknya di atas.
  • Jenis lemari es two-door-bottom-mount (freezer di bawah) tidak banyak dijual di pasaran, jika dibandingkan dengan tipe lemari es yang lain, tapi biasanya produsen lemari es menawarkan sedikitnya satu model.

Lemari es yang dipilih harus memiliki kemampuan pendingin yang baik

Tandanya bisa dilihat dari bagian kanan atas lemari es. Lemari es produksi Eropa biasanya ditandai dengan lampu bintang. Produk lokal Indonesia umumnya berbintang 3 dengan kemampuan pendinginan hingga -150 C. Sementara lemari es dari Eropa memiliki bintang 5 dengan kemampuan pendinginan mencapai -210 C.

Pilih lemari es dengan kompartemen berlubang untuk tempat sayur dan buah

Kompartemen berlubang memungkinkan Sahabat ESer untuk mengatur penyimpanan. Jika kompartemen diisi dengan buah, lubang dapat ditutup untuk menjaga kesegaran buah. Sementara, jika ingin menyimpan sayur-sayuran, lubang penutup pada bagian pinggir dapat dibuka agar udara yang lembab dapat masuk sehingga sayur tetap segar.

Sebelum membeli lemari es, buat daftar fitur lemari es yang dianggap penting

Beberapa fitur lemari es yang tersedia seperti tidak menghasilkan bunga es (anti frost), pendinginan cepat (quick cool), sistem penyaringan air (water filtration system), dispenser air panas dan dingin, tabung air di pintu, jendela di pintu untuk mengambil es, rak anti pecah, tempat obat dan makanan ringan, volume freezer, dan panel informasi di pintu. Dengan aneka fitur yang tersedia, pilih lemari es yang memiliki multi air flow karena fitur ini berfungsi agar udara dalam lemari es lebih cepat merata.

Tentukan berapa besar kapasitas lemari es yang dibutuhkan

Biasanya keluarga kecil membutuhkan kulkas berukuran 18—22 kubik dan keluarga besar 25 – 28 kubik.

Lemari es dengan body yang terbuat dari PCM (Pre Coated Material) terlihat lebih eksklusif

Kelebihan bahan PCM adalah daya tahannya terhadap karat, anti gores, kuat, dan mengkilap

Pertimbangkan juga warna kulkas

Banyak lemari es berwarna putih, ada juga warna lain seperti hitam, biru, dan stainless steel. Sebaiknya, sesuaikan warna lemari es dengan interior dapur dan nuansa rumah.

Jenis-jenis Desain dan Gaya Lemari Es

  1. Top Freezer
    Seperti namanya, lemari es tipe top freezer menempatkan freezer-nya di bagian paling atas, dengan lemari pendingin di bawah. Tipe ini tergolong tipe yang cukup tradisional dan konvensional. Tipe lemari es satu ini tergolong memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan tipe lemari es yang lain. Selain itu, ukuran dari lemari es ini cukup bervariasi, mulai dari lebar 30 hingga 33 inchi. Kapasitas penggunaanya pun bervariasi, mulai dari 20 hingga 22 kubik.
    Dengan melihat ukuran luasnya tersebut, Sahabat ESer bisa menyimpan banyak makanan atau bahan makanan ke dalam lemari es. Beberapa item lemari es juga memungkinkan untuk menyimpan makanan dengan ukuran yang relatif besar, seperti kue tart atau buah semangka.

  2. Bottom freezer
    Lemari es dengan tipe bottom freezer merupakan variasi lain dari top freezer. Freezer pada model lemari es ini ditempatkan di bagian bawah sedangkan refrigerator-nya berada di atasnya. Model lemari es seperti ini membantu Sahabat ESer meraih bahan makanan dengan mudah karena letaknya sejajar sehingga Anda tak perlu menundukkan badan untuk mengambilnya seperti pada model top freezer. Freezer-nya pun kadang memiliki desain yang berbeda, ada yang dibuka dengan cara menariknya (seperti menarik laci), atau ada yang memiliki pintu kecil untuk membukanya.

  3. Bottom Freezer Refrigerator
    Jenis lemari es ini lebih mahal dibandingkan dengan top freezer. Daya tampungnya bervariasi tergantung ukuran lemari es, namun biasanya tidak terlalu besar terutama pada bagian refrigerator-nya. Sahabat ESer mungkin tak bisa menyimpan terlalu banyak bahan makanan ke dalamnya.

  4. Side-by-side
    Lemari es dengan tipe side-by-side ini menempatkan refrigerator berada pada level yang sama dengan freezer-nya secara paralel. Masing – masing bagian memiliki pintu khusus yang dibuka dari bagian tengah lemari es. Meskipun berada pada level yang sama dan paralel, namun biasanya ukuran refrigerator-nya tetap lebih besar dibandingkan freezer-nya. Ukuran lebar refrigerator untuk tipe side-by-side ini berkisar antara 26 hingga 30 inchi, dengan daya tampung mencapai 26 kubik. Tipe ini juga biasanya berukuran lebih slim, sempit, dan memanjang ke bawah sehingga cukup sulit bagi Sahabat ESer untuk meletakkan bahan makanan dengan ukuran yang relatif lebar, seperti pizza dan kue tart.
    Meski begitu, tipe side-by-side ini sangat tepat untuk dapur dengan ukuran yang sempit. Ditambah lagi, tipe ini biasanya juga dilengkapi fitur tambahan seperti water dan ice dispenser di bagian pintunya. Harga lemari es tipe side-by-side ini memang cukup mahal, namun konsumsi energinya relatif tidak jauh berbeda dengan tipe bottom-freezer.

  5. French door
    Lemari es tipe French door menggabungkan model bottom-freezer dengan side-by-side. Hal ini membuat harga lemari es model ini menjadi termahal di antara model lemari es lainnya. Lemari es ini juga disebut sebagai lemari es paling baik dan terunggul di kelasnya. Ukurannya relatif besar, dengan ruang yang luas pada bagian atas maupun bawah. Tak lupa juga terdapat fitur water dan ice dispenser pada salah satu pintunya.

  6. Built-in and Cabinet Sized Refrigerator
    Tipe lemari es built-in and cabinet-sized didesain agar bisa menyatu dan melekat dengan dinding dapur. Tipe lemari es ini memiliki keunggulan, yakni tidak banyak memakan tempat dan akan membuat dapur menjadi lebih lapang. Namun kelemahannya, biasanya tipe lemari es ini tidak dapat menyimpan bahan makanan dalam jumlah yang banyak karena kapasitasnya yang terbatas. Tipe ini juga biasa hadir dalam model bottom freezer atau side-by-side, serta dibanderol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan harga lemari es ukuran standar.

  7. Refrigerator drawers
    Refrigerated drawers adalah lemari es yang dipasang di bawah countertop/meja konter dan dibuka seperti halnya membuka laci. Refrigerator ini biasa digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang tidak terlalu tahan lama, misal ikan atau daging segar. Tipe refrigerator ini juga cukup populer, terutama digunakan di dapur – dapur mewah. Sayangnya, refrigerator ini cukup boros energi dan tak dapat membekukan makanan.